Header

Modus Tipu Daya Toko Kamera di ITC Cempaka Mas

Saya ingin sharing “praktek kotor” toko kamera di ITC Cempaka Mas dalam menjual barangnya. Setelah survey di internet ternyata memang modus ini sudah lama ada. Banyak pelanggan yang terkena tipu daya penjual dengan membujuk rayu calon pembeli yang tidak memiliki banyak informasi atas produk yang ada. Ketika si pembeli lengah, si penjual akan menjual barang dengan harga  lebih mahal dengan iming-iming bahwa produk yang ditawarkan lebih bagus dari yang dia cari.

Berikut ini pengalaman saya:

Dalam beberapa bulan terakhir, saya mulai tertarik dengan dunia fotografi dan ingin memiliki kamera DSLR. Sebagai pemula, saya tidak ingin salah dalam memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah melakukan riset dalam 3 bulan terakhir, akhirnya pilihan saya jatuh ke salah satu tipe kamera Nikon. Tentunya keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan budget dan fitur dari kamera tersebut.

Hari Sabtu (22 Desember 2012), saya berencana membeli kamera tersebut di ITC Cempaka Mas. Setelah survey ke beberapa tempat, akhirnya saya memutuskan untuk membeli di Toko Maju Jaya (Lantai 4, Blok L no. 980) karena toko ini berani memberikan “harga miring” atas kamera yang saya cari. Waktu menunggu kamera tersebut diambil dalam gudang, salah seorang staff toko tersebut yang bernama Willy Andi menghampiri saya dan menunjukkan perbandingan beberapa kamera. Dia menawarkan kamera Fujifilm HS25 EXR dan mencoba mengambil beberapa foto. Setelah ½ jam lebih, kamera yang ingin saya beli tidak kunjung datang, dan selama itu pula si Willy terus “membujuk rayu” saya. Dia menawarkan kamera Fujifilm tersebut dengan harga Rp6,2 juta dan setelah tawar menawar akhirnya disepakati di harga Rp 5,6 juta. Pada saat ini, terus terang saya ada perasaan tidak enak karena belum pernah riset kamera ini. Namun, karena saya dalam kondisi terburu-buru akhirnya saya memutuskan untuk membeli kamera Fujifilm tersebut.

Setelah di rumah, kekhawatiran saya pun terbukti. Setelah riset ke internet, ternyata kamera tersebut bukanlah kamera dengan kelas DSLR tapi Prosumer. Dalam hal ini, saya bukan meragukan kualitas foto kamera tersebut namun yang saya butuhkan adalah kamera DSLR sehingga saya bisa eksplorasi segala sesuatu tentang dunia fotografi profesional. Yang membuat saya lebih terpukul adalah harganya. Setelah melihat perbandingan harga di beberapa toko kamera ternama, ternyata harga kamera tersebut adalah Rp 3.5 juta. Sebenarnya kalau harganya selisih Rp 100-200 ribu menurut saya sih masih wajar, tapi ini selisihnya hingga Rp 2 juta-an.

Saya langsung kembali ke toko tersebut dan menunjukan fakta-fakta ini ke Willy. Tapi dia tetap berkelit dan tidak mau bertanggung jawab dengan mengeluarkan alasan-alasan yang tidak masuk akal. Yang membuat saya lebih kesal adalah semua karyawan di toko tersebut tidak mau tahu dengan apa yang terjadi. Ketika saya minta bertemu dengan pemilik toko ini, semuanya bilang tidak bisa memberikan kontaknya.

2 hari setelah kejadian itu (Senin, 24 Desember 2012) saya kembali menelpon toko tersebut dengan harapan ada karyawan yang lain dan bisa memberikan kontak pemilik toko ini. Namun, saya tetap gagal dan mereka bilang pemilik toko sedang keluar kota dan tidak tahu no HPnya. Dari sini saya lebih yakin, kalau memang ini adalah modus tipu daya dari toko tersebut.

Terus terang, saya merasa kecewa sekali oleh toko ini atas 2 hal. Yang pertama, si penjual tidak memberikan info yang sebenarnya atas produk yang dijual. Saya ingin kamera DSLR tapi dia menawarkan kamera Prosumer. Bahkan ketika saya kembali ke toko itu, si Willy masih “ngotot” kalau kamera tersebut adalah kamera DSLR.

Yang kedua, si penjual menawarkan harga yang tidak wajar. Mungkin karena dia sudah tahu, kalau saya adalah pemula yang baru mau menggeluti dunia fotografi dan memiliki sedikit informasi atas produk yang ditawarkan, jadi bisa ditipu dengan mudah hanya menampilkan beberapa aspek yang menarik dari suatu kamera tanpa harus menceritakan aspek lainnya. Bahkan si Willy menjelaskan kalau dia memang biasa menjual dengan kisaran harga segitu dan ini salah satu produk andalannya dia. Justru dari penjelasan ini saya lebih yakin kalau ternyata banyak juga pelanggan yang tertipu olehnya.

Hati-hati para pembaca sekalian. Semoga menjadi pembelajaran bagi yang lain terutama pemula yang mau menggeluti dunia fotografi.

Saya sempat menuliskan kejadian tersebut ke surat pembaca detik.com. Dari komentar yang ada, memang kejadian ini sering terjadi oleh yang lain. Jadi, saya harap rekan-rekan sekalian lebih hati-hati.

This entry was posted in Area Publik, Opini, Umum

19 Responses

  • Memang modus nih…

    Reply
    • Saya juga sering melihat cerita ini dibeberapa milis ato forum…untung ane browsing2 dulu di internet sblm beli…thanks for the info

      Reply
  • saya baru saja ke tipu di toko Digital stabilizer ITC BSD – niat beli JVC camcorder seharga 2jt dialihkan ke samsung HMX-F90 seharga 2,6 jt Buseeettttt …. harga aslinya samsung HMX-F90 ini ternyata hanya 1,5jt – 1,6 jt.
    harap hati-2 buat yg lain

    Reply
  • Saya juga tertipu awalnya mau beli canon 600 atau nikon D3100 tapi dialihkan ke sony cyber shot Dsc-H200 di Toko Zeiss ITC BSD. Dengan harga 5,8jt . Ternyata harganya cuma 2jtan paling mahal. Hati-hati para pembeli camera.

    Aconk

    Reply
  • Saya memang menawarkan pak Aconk untuk membeli Sony Cyber shot Dsc-H200 di toko kami. Kenapa pak Aconk mau beli. barang tersebut dan lagian khan sudah terjadi harga. Kalau memang pak Aconk keberatan dengan barang tersebut dapat menukarnya pada toko kami.Baik minta kembali uang atau tukar barang dengan biaya pengembalian barang tersebut kami kenakan biaya 25% dari harga jualnya. Kalo memang bapak berniat mengembalikan atau menukarnya datang ke Zeiss toko kami. Terima kasih.

    Wendi

    Reply
  • Saya ditipu beli camera kodak pixpro az251 seharga 5,8 juta padahal harganya 2 jutaan. Dan lebih kaget lagi kodak sudah gulung tikar….hati2 beli kamera di itc depok.

    Reply
  • Hello blogger, i found this post on 11 spot in google’s search results.
    I’m sure that your low rankings are caused by hi bounce rate.

    This is very important ranking factor. One of the biggest reason for high bounce rate is
    due to visitors hitting the back button. The higher your
    bounce rate the further down the search results your posts and pages will end
    up, so having reasonably low bounce rate is important for increasing your rankings naturally.

    There is very useful wordpress plugin which can help you. Just search in google for:
    Seyiny’s Bounce Plugin

    Reply
  • Gw juga kayanya ke tipu ni di toko Maju Jaya. Awalnya gw pengen kamera Canon 700D atau Olympus miroless epl7. Tp di tawarin fujifilm HS 55Exr harga 6.5jt tapi pas gw browsing ternyata harganya sekitar $400an atau sekitar 5.2jt lah. Gw juga gk tau ini kamera prosumer tau udah DSLR. Aduh nyesel banget deh

    Reply
  • Itu begok nya siapa???
    Kalian sendirikn trs itu sLah nya siapa?
    Diri kalian sendirikn4
    Cek dl donk sblmnya beli tu barang
    cari tau dl donk kelebihan kekurangan nya….

    Reply
  • Iya saya jg . Blok a lantai 4 rugi 1’5jtan… Di toko xm***rz . hrga 3’8jt dijual 5jt.

    Reply
  • aku kena tipu hari ni, lalu kalian bagaimana kelanjutannya

    Reply
  • Foto tokonya upload di sosmed dan konunitas fotografi

    Reply
  • Kalo masalah harga jual itu sah sah aja, yg salah itu karena kita yg kurang trliti,

    Supaya yg lain gak kejebak Foto tokonya upload di sosmed dan konunitas fotografi

    Reply
  • Hati hati membeli kamera di toko DIgita Esmor ITC Fatmawati lt 2 no 24, yang penjualnya ternyata juga kerja si toko kamera Noysi di ITc Fatmawati lt 1.harap mengecek harga pasaran dahulu sebelum deal membeli ditoko tsb drpd mengalami nasib buruk seperti saya, Saya baru saja mengalami hal yang sama spt bapak ibu, kemarin 3 jan 2017 sy ke itc fatmawati ke toko digital Exmor , saya mencari kamera mirrorless canon M3 diberikan harga 6 jt dan sy tawar 5.750 jt diberikan ,(harga kamera canon M3 sdh saya cek sebelumnya di internet dan bbrp toko camera lainnya shg sy tahu harga pasaran) sambil menunggu kamera canon M3 diambil katanya digudang agak lama saya diajak ngobrol oleh karyawan toko tsb ditawarkan kamera nikon1j5 dgn penjelasan ybs akhirnya saya membeli kamera nikon 1j5 tsb, semula penjual toko mengatakan harga nikon 1J5 6,4 juta lalu saya menawar 6 juta dan diberikan jadi saya beralih membeli nikon 1J5 tsb , kesalahan saya tidak mengecekndahulu harga pasaran nikon tsb kembali dipasaran karena saya terlanjur percaya saat penjual memberikan harga kamera nikon M3 yg sesuai dgn harga pasar . Keesokan hari saya kembali ke itc fatamawati mendatangi toko tsb karena setelah membeli baru saya tahu harga jual rata rata misa di tokocam zone 5.270 jt , saya menelpon alta nikindo menanyakan berapa harga jual umimnya nikon 1J5 disebutkan berkisar maksimal 5,3 juta. Sy meminta dikembalikan kelebihan harga yang sangat tinggi tab sekitar 750 rb dan penjual toko tsb tidak mau dengan alasan sudah deal kemarin .sampai saya sempat bilang saya sumpahin tokonya bangkrut enggak berkah kalau cari untung sengan cara seperti ini . Begitulah pwngalaman buruk yg bary saja saya alami.

    Reply
  • Iya tuh gua jg ketipu di toko maju jaya ini, awalnya mau beli fuji malah dikasiin yg nikon malah kasi casnya salah lagi

    Reply
  • Saya ketipu di toko DIGITAL NOISE , ITC FATMAWATI mau beli charger kamera fujifilm , saya cari yg original , orang toko bilang ini original , mereka pastikan ini original , setelah saya beli , saya merasa ad kejanggalan dalam charger ini , kenapa ngecasnya lama sekali , lalu saya cek di toko resminya , katanya ini bukan aski , dan toko DIGITAL NOISE tetap kekeuh klo itu asli , jadi hati hati yahh belanja di toko ini

    Reply
  • Saya pernah antar teman yg mau beli kamera mirrorless, sebelum beli, saya sempat bantu searching merek dan type yg cocok, alhasil saya sarankan canon m3 atau m10 check di internet harga2nya dan sempat ajak teman window shopping ke ITC Cempaka putih, Sempat ke beberapa toko disana dan banyak disarankan merek dan type yg beda, untungnya kita pergi berdua, Jadi Saat teman saya ngobrol dgn penjualnya, saya cek harga di internet, pas tahu Harga pasaran lbh murah saya kasih kode ke temen utk buru2 cabut dr toko itu, hampir saja teman saya tergoda buat beli. Jadi saran saya, buat yg mau beli kamera, jangan pernah sendirian, selalu ajak teman yg mengerti kamera atau paling tidak bs Bantu cek harga sblm memutuskan membeli kamera. Pastikan check spesifikasi kamera yg diinginkan dan Harga pasaran, jangan tergoda dgn merek atau type kamera yg ditawarkan yg tidak dipahami spesifikasi Apalg Harga pasarannya. Salam jepret.

    Reply


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>